Lokakaya Pengembangan Kurikulum Menuju Internasional Umum

`

Kurikulum merupakan inti dari suatu program pembelajaran sehingga memerlukan rancangan, pelaksanaan serta evaluasi secara berkala sesuai dengan kebutuhan ilmu pengetahuan, teknologi dan sesuai dengan kompetensi yang di butuhkan masyarakat maupun pengguna lulusan perguruan tinggi. Pengembangan kurikulum dilakukan setiap minimal 4 – 5 tahun sekali dimulai dengan menetapkan profil lulusan yang dijabarkan menjadi rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan bahan kajian yang telah dilakukan oleh program studi magister ilmu peternakan melalui kegiatan evaluasi kurikulum. Sebelumnya prodi telah melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum pada tahun 2019.

Pada tanggal 27 Juli 2023 program studi magister ilmu peternakan kembali melaksanakan pengembangan kurikulum melalui Lokakarya Kurikulum dengan tema “Pengembangan Kurikulum Magister Ilmu Peternakan Menuju Internasional yang di laksanakan di Aula Gedung Pascasarjana lantai 3. Lokakarya kali ini di buka langsung Rektor Unud


Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU. memberikan sambutan serta menyampaikan bahwa kurikulum menjadi program yang sangat penting, khususnya. Program Studi Magister akan menuju akreditasi ASIIN. Begitu pula dengan Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, M.S.,IPU., ASEAN Eng memberikan sambutan dan mengatakan bahawa Fakultas Peternakan tidak tinggal diam dengan posisi unggul di program studi, untuk itu akan bergerak ke perbaikan mutu dan kurikulum serta mutu yang mengarah ke internasionalisasi.


Ketua Panitia Lokakarya Kurikulum yaitu Dr. Ir. Ni Luh Gde Sumardani, S.Pt.,M.Si memberikan laporan tentang pelaksanaan lokakarya kurikulum yang merupakan lanjutan dari pelaksanaan evaluasi kurikulum pada bulan februari 2023. Prof. Dr. Ir. Ni Wayan Siti. M.Si selaku Koordinator Program Studi Magister Ilmu Peternakan memberikan pemaparan hasil evaluasi kurikulum kurikulum yang telah dilaksanakan.



Lokakarya kurikulum kali ini mendatangkan 2 (dua) narsumber yaitu Ir. Rizki Prafitri, S.Pt., M.A., Ph.D dari Universitas Brawijaya dan Prof. Ir. I Made Supartha Utama, M.S., Ph.D dari LP3M Unud.


Sidang kelompok pelaksanaan lokakarya di bagi menjadi 3 (tiga) kelompok yakni Nutrisi dan Tanaman Pakan, Produksi dan Teknologi Hasil Ternak, dan Sosial Ekonomi dan Penyuluhan. Pada sidang kelompok tersebut membahas tentang bahan kajian yang sesuai dengan kurikulum terbaru yang akan di putuskan dalam sidang pleno di akhir acara lokakarya kurikulum.