Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Peternakan Fapet Unud melaksanakan kegiatan pemotongan ternak dan pengambilan data hasil akhir penelitian Umum

`

Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Peternakan Fapet Unud Ni Putu Kartika Wardani telah melaksanakan kegiatan pemotongan ternak dan pengambilan data hasil akhir penelitian pada hari Minggu, 5 Pebruari 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Mengesta, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Pada kandang peternak milik Bapak I Gede Ketut Nurata. Dimana Topik penelitian yang diangkat tentang PRODUKTIVITAS AYAM KAMPUNG YANG DIBERI JUS KULIT BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus) TERFERMENTASI PADA AIR MINUM. Dibawah bimbingan dosen pembimbing antara lain: Prof. Dr. Ir. Gusti Ayu Mayani Kristina Dewi, MS.,IPU., ASEAN Eng. dan Dr. Ir. Eny Puspani, S.Pt., MSi.

Dimana tujuan diadakan penelitian adalah untuk mengkaji performa, kualitas telur dan bakteri asam laktat (BAL) didalam saluran pencernaan ayam kampung umur 26 – 34 minggu yang diberi kulit buah naga (Hylocereus polyrhizus) terfermentasi pada air minum. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi pada masyarakat khususnya peternak ayam kampung terkait manfaat kulit buah naga sebagai bahan alami pengganti (Antibiotic Growth Promoters)AGPS sehingga berdampak pada meningkatnya produktivitas ayam kampung dari segi daging maupun telur yang dihasilkan. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan referensi untuk penelitian selanjutnya. Sehingga dengan pemberian kulit buah naga terfermentasi pada air minum diharapkan mampu meningkatkan perfoma serta produksi telur dari ayam kampung dengan penggunaan ransum yang efisien dan tidak bersaing dengan kebutuhan manusia.